6 Tips Menjaga  Baterai Laptop Agar Tidak Bocor

by:

Teknologi

Nawarna – Bagi sebagian orang, laptop sudah menjadi kebutuhan utama. Semua kegiatan bisa dilakuin dengan laptop, mulai dari ngerjain tugas, kerja, nonton film sampai dengerin musik.

Nah, untuk menunjang semua kegiatanmu dari laptop, biasanya selain ngeliat spec dari laptop tersebut, daya tahan baterai juga jadi salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah laptop. Padahal, ketahanan baterai laptop tergantung dari pemakaian dan perawatan baterai laptop itu sendiri.

  1. Atur Cahaya Rendah

Salah satu fitur yang memakan banyak daya baterai adalah layar. Cahaya yang terlalu terang bisa bikin daya baterai cepat terkuras. Jadi, setiap pemakaian pastiin kamu mengaturnya dengan kontras rendah agar baterai awet lebih lama.

2. Minimalisasikan pemakaian aplikasi

Membiarkan laptop kamu ngejalanin beberapa aplikasi dalam satu waktu jelas bikin laptopmu bekerja lebih keras yang bisa bikin daya baterainya lebih cepat terkuras. Jadi, pastiin kamu menutup semua aplikasi yang lagi nggak dipakai ya agar baterai laptop awet.

3. Istirahatkan saat dicharge

Mainin laptop sambil ngecharge adalah kebiasaan yang susah ditinggalin. Padahal, itu

Biar baterai kamu nggak cepet rusak, setiap kali kamu lagi ngecharge, usahain untuk bener-bener diistirahatkan. Jadi sang baterai bisa mengisi dayanya sendiri secara maksimal.

4. Jangan Sampai Kena Overheat

Nah, salah satu penyebab baterai rusak adalah overheat dari laptop itu sendiri. Pemakaian yang terlalu lama tanpa laptop fan bisa bikin laptop kamu kena overheat. Untuk mengatasinya, usahain untuk menggunakan laptop fan biar baterai laptop tahan lama.

5. Hindari Habis Total ataupun Charge Terlalu Lama

Kalau lagi keasyikan main laptop biasanya sering banget tuh lupa ngecharge dan ngebiarin baterai habis total karena lagi asyik nonton film. Tanpa kamu sadari, kebiasaan kayak gini bisa bikin baterai laptop kamu rusak. Di saat pemakaian berat, usahain untuk langsung ngecharge pas baterainya masih 50%, kalau pemakaian ringan, kamu bisa tunggu sampai 30%. Sebaliknya juga kayak ngecharge berlebihan. Ninggalin laptopmu dicharge padahal baterainya udah penuh bisa ngerusak kinerja baterai itu sendiri. Lebih baik, kalau udah penuh langsung dicabut aja.

6. Kontrol Waktu Pemakaian

Yang namanya barang elektronik pasti punya kapasitasnya sendiri. Kalau mau punya baterai laptop awet, ya kamu juga harus kondisikan dengan waktu pemakaian. Pastikan laptopmu tetap punya waktu istirahatnya dan jangan diforsir terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *