8 Tips Tidur Nyaman Selama Perjalanan Jarak Jauh

by:

gaya hidupTraveling

Nawarna – Ketika mudik, tentunya kamu akan menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Perjalanan yang memerlukan waktu hingga belasan jam ini tak jarang membuat tubuhmu merasa lelah. Nah untuk mengurangi rasa lelahnya, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidur.

Supaya tidurmu nyaman selama perjalanan mudik dengan transportasi umum, yuk ikuti 8 tips yang bisa kamu terapkan berikut ini.

  1. Pilih posisi duduk dekat dengan jendela

Karena mudik memerlukan waktu yang lama, otomatis kamu harus mencari posisi duduk yang strategis. Salah satunya adalah dengan memilih di sisi dekat jendela. Dengan duduk dekat jendela, akan mempermudah kamu untuk bersandar ke samping. Kamu bisa bersandar ke jendela dengan menyandarkan kepalamu menggunakan jaket yang dilipat sebagai bantalan. Selain itu, duduk dekat jendela bisa membuat posisi tidurmu lebih bervariasi.

  1. Siapkan bantal leher

Bantal leher menjadi barang yang cukup penting kamu bawa sepanjang perjalanan mudik. Tanpa bantal leher maka tidur akan terasa kurang nyaman karena posisi kepalamu yang bisa terlalu miring atau tertunduk dalam waktu lama.

Hasilnya, lehermu pun akan sakit saat bangun atau sampai tempat tujuan. Maka dari itu, jangan lupa bawa bantal leher ya agar tidurmu lebih nyaman selama perjalanan dan tentunya lehermu nggak akan sakit.

  1. Hindari lokasi tempat duduk yang bisa mengganggu tidur

Lokasi kursi yang akan diduduki juga sangat menentukan kenyamanan kamu selama tidur di perjalanan. Apalagi jika kamu termasuk orang dengan indera sensitif yang sedikit guncangan atau suara bisa langsung membangunkanmu. Hindarilah posisi kursi yang dekat dengan pintu maupun toilet.

Jika pintu dibuka, otomatis suara serta getarannya bisa terdengar dan kamu rasakan. Sedangkan dalam bus, hindari posisi duduk yang dekat dengan arena merokok supaya kamu nggak terganggu dengan asapnya. Selain itu pilih kursi di tengah untuk menghindari guncangan yang berasal dari roda bus.

  1. Mendengarkan musik dan gunakan earphone

Supaya tidurmu tambah nyaman dan nggak terganggu dengan suara bising dalam kendaraan, mendengarkan musik menggunakan earphone bisa jadi pilihanmu. Bawa ipod untuk memutar musik favoritmu selama perjalanan agar tidak bosan dan tentunya membuatmu lebih cepat tidur. Tapi tetap diingat, jangan mendengarkan musik terlalu kencang agar tidak merusak gendang telingamu.

  1. Gunakan penutup mata

Nggak melulu harus menggunakan eye mask ya. Jaket, slayer atau scarf yang kamu bawa juga bisa dimanfaatkan untuk menutup area mata. Ini bertujuan untuk menghindari gangguan bayangan dan cahaya yang bergerak di atas mata yang berpotensi menganggu tidurmu, terutama saat menggunakan kendaraan umum.

  1. Perhatikan durasi tidur

Tidur memang sangat ampuh untuk mengusir rasa lelah serta bosan selama perjalanan. Tapi kalau tidur terlalu lama pun nggak bagus, karena bukan segar yang kamu dapatkan melainkan badanmu yang akan pegal-pegal dan tentunya agar kamu nggak kebablasan juga.

Jadi, kamu harus bisa menghitung durasi tidurmu agar tak kebablasan, pasangkan alarm dengan pas. Baiknya sih selingi tidurmu dengan berbagai kegiatan lain misalnya mengobrol dengan teman seperjalanan, membaca buku dan sebagainya.

  1. Amankan barang berharga

Mudik menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta kerap kali dijadikan sasaran empuk para pelaku kejahatan. Entah yang memang yang sudah berniat maupun karena kesempatan yang ada. Hingga menciptakan perasaan was-was yang berujung tidur nggak nyaman.

Nah salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan meletakkan barang berharga kamu seperti dompet dan ponsel dalam satu tas selempang kecil lalu selipkan di sisi tubuh yang tak terlihat.

  1. Matikan paket data untuk menghemat baterai ketika tengah tidur

Menyalahkan paket data ketika tengah tertidur tentunya akan menganggu waktu tidurmu, karena akan banyak notifikasi yang masuk. Nah daripada tidurmu terganggu dan paket data internet kamu juga mubazir terbuang sia-sia padahal nggak kamu gunakan sama sekali, alangkah baiknya dimatikan saja. Selain itu baterai handphone kamu akan lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *