5 Perawatan Wajah untuk Menghilangkan Flek Hitam

by:

KecantikanLifestyleTips dan Trik

Nawarna – Bintik-bintik hitam di pipi menjadi keluhan bagi sebagian besar wanita, apalagi yang sedang hamil dan setelah melahirkan. Flek hitam terjadi karena hormon estrogen yang meningkat saat hamil. Bintik itu juga muncul karena Anda berada di bawah sinar matahari, tanpa perlindungan dari tabir surya. Ini cara perawatan wajah untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

perawatan wajah

1. Membersihkan Wajah Secara Tuntas

Apakah Anda sering tertidur dan lupa untuk membersihkan muka di malam hari karena malas dan capek? Hati-hati, kecerobohan itu bisa memicu terjadinya flek hitam. Bersihkan wajah dengan double cleansing, menggunakan susu pembersih, facial foam, dan toner penyegar. Jika Anda memakai riasan, maka hapus terlebih dahulu dengan minyak zaitun atau baby oil.

2. Pakai Scrub Secara Teratur

Flek hitam bisa memudar jika Anda memakai scrub setidaknya 3 kali dalam sebulan. Pilih scrub yang butirannya kecil dan halus, sehingga tidak membuat kulit iritasi. Jangan terlalu sering memakai scrub, karena kulit akan cepat menjadi kering dan pecah-pecah. Setelah memakai scrub dan membilasnya, pulaskan pelembab agar kulit tetap sehat dan kenyal.

Scrub alami bisa Anda pakai karena tidak mengandung pengawet dan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Parutlah kentang lalu bubuhkan pada wajah, gosokkan pada flek hitam dan bekas jerawat. Tunggu scrub kentang hingga kering, lalu bilas hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan scrub berbahan strawberry atau campuran air perasan lemon dan gula pasir.

3. Masker

Masker berkhasiat mencerahkan wajah dan mengurangi flek hitam. Gunakan masker berbahan alami, seperti buah bengkoang yang bisa mencerahkan dan mendinginkan kulit yang terkena sengatan matahari. Masker yang terbuat dari oatmeal dan susu segar juga bisa digunakan untuk memutihkan kulit dan mengusir flek hitam agar wajah kembali mulus.

Pakailah masker seminggu sekali agar kulit tampak cerah dan flek memudar. Sebelum mengoleskan masker untuk perawatan wajah, bersihkan wajah terlebih dahulu agar nutrisinya terserap dengan baik. Setelah masker kering, bersihkan perlahan dengan air hangat, lalu basuh dengan air dingin. Air dingin bisa menutup pori-pori.

4. Krim Pencerah Wajah

Di pagi hari, jangan lupa memakai day cream sebagai skincare utama. Pilih krim yang mengandung vitamin C, sehingga bisa mencerahkan kulit muka. Anda juga bisa memakai BB cream yang praktis, karena tidak usah memakai bedak lagi. Cukup pakai BB cream, pulaskan lipstik, semprotkan sedikit parfum, dan Anda siap untuk beraktivitas seharian.

5. Pakai Tabir Surya

Jika Anda sering berkegiatan di bawah terik matahari, pakai tabir surya dengan SPF (sun protector factor) 25. Perlindungan dari tabir surya itu terjadi selama 250 menit atau sekitar 4 jam. Poleskan lagi tabir surya setelah 4 jam, agar wajah terlindungi dari sengatan matahari penyebab flek hitam. Tabir surya sangat penting, karena bisa mencegah kanker kulit.

Bagaimana jika Anda seorang ibu rumah tangga yang jarang keluar rumah? Tabir surya juga wajib dipakai, karena sinar matahari yang muncul dari jendela juga bisa menyebabkan flek hitam. Panas kompor juga bisa memunculkan bintik hitam, jadi jangan abaikan pemakaian tabir surya. Rawatlah wajah Anda, walau hanya sehari-hari di rumah.

Perawatan wajah untuk menghilangkan flek hitam sebenarnya mudah, tapi Anda harus rutin melakukannya. Gosokkan scrub untuk mengikis bintik hitam, lalu bilas dan bubuhkan masker pencerah kulit wajah. Pakailah bahan alami yang tidak mengandung pengawet. Rangkaian skincare dari Kiehls terbuat dari bahan alami dan aman bagi kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *