5 Tips Membeli Asuransi Wisata agar Tidak Salah Pilih

by:

Tips dan TrikTraveling

Nawarna – Berwisata, entah bersama anggota keluarga atau kawan, merupakan waktu yang dinanti-nantikan oleh pelancong dari mana pun asalnya. Meski begitu, hanya sedikit dari mereka yang sudah punya perlindungan diri yang didapat dari  beli asuransi wisata online. Padahal, perlindungan ini dapat membuat liburan seseorang menjadi lebih tenang dan nyaman. Nah, bila Anda terpikir untuk membeli asuransi perjalanan juga, berikut adalah lima tips supaya tidak salah pilih:

beli asuransi wisata online

  • Pertimbangkan Tujuan Wisata

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli asuransi wisata jelas saja menyusun destinasi wisata. Pasalnya, tujuan liburan akan menentukan produk perlindungan yang harus Anda beli. Apakah Anda hendak liburan ke luar negeri atau dalam negeri? Jika ke luar negeri, apakah hanya wilayah Asia atau hingga Eropa? Kalau di dalam negeri, apakah akan berputar di area kota atau pesisir pantai? Nah, inilah alasan mengapa tujuan wisata menjadi hal penting dilakukan sebelum memilih produk asuransi perjalanan. Sebab, tipe asuransi yang ada akan menawarkan perlindungan yang berbeda-beda.

  • Lihat Semua Tawaran 

Seperti yang sudah disinggung di atas, penawaran tiap produk asuransi perjalanan berbeda-beda. Nah, setelah menentukan destinasi wisata, Anda perlu mengecek apa saja pilihan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Setelah itu, Anda bisa menyortir opsi yang ada sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian, Anda bisa memilih produk yang sesuai kebutuhan Anda; apakah yang menawarkan perlindungan penuh atau sebagian—atau apakah produk untuk satu orang saja atau untuk serombongan.

  • Lihat Keuntungannya 

Setiap tawaran produk pertanggungan akan memiliki keuntungan tersendiri. Beberapa keuntungan umum yang pasti didapat yaitu biaya untuk kecelakaan, kesehatan, kehilangan koper, dan beberapa hal mendasar lain yang terjadi di destinasi liburan Anda. Namun, ada beberapa produk asuransi yang menawarkan keuntungan lebih seperti diskon harga premi, perlindungan untuk barrang-barang berharga seperti stik golf, kamera, ataupun mendapat klaim asuransi yang lebih besar.

  • Perhatikan Budget

Sudah lihat-lihat opsi di pasaran, tentu Anda harus kembali mengintip kantong Anda. Ya, budget yang perlu Anda keluarkan tiap bulannya juga harus diperhatikan. Sebaiknya pilihlah asuransi yang biaya bulanannya tidak melebihi 10% dari gaji Anda, agar kebutuhan utama sehari-hari tidak terganggu.

  • Perhatikan Proses Klaim

Tips terakhir adalah mengetahui sistematika pengajuan klaim. Poin ini penting untuk mengira-ngira seberapa lama proses penggantian akan Anda terima sekaligus dokumen apa saja yang perlu Anda berikan. Biasanya, persyaratan klaim asuransi akan tertera pada dokumen kesepakatan (polis) ketika Anda membeli asuransi. Jika masih kebingungan, Anda bisa menghubungi customer service untuk meminta kejelasannya lagi.

Demikianlah 5 tips untuk beli asuransi perjalanan agar tidak salah pilih. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *