Cara Merawat dan Membersihkan Evaporator AC Mobil

by:

OtomotifTips dan Trik

Nawarna – Perlu diketahui bahwa AC mobil memiliki banyak kompnen di dalamnya, salah satunya adalah evaporator atau saringan AC yang berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke bagian kabin mobil. Dengan begitu, ruang kabin mobil pun mejadi terasa lebih sejuk dan nyaman selama berada dalam perjalanan.

Bentuk evaporator adalah kotak serta memiliki bentuk ruangannya yang tidak lurus, tetapi liku-liku. Nah, liku-liku inilah yang membuat kotoran pada saringan AC nyangkut. Akibatnya, kotoran yang terus mengendap sehingga kinerja AC mobil pun menjadi terganggu, sehingga suhu AC yang dihembuskan oleh saringan AC ini menjadi tidak dingin lagi.

Adapun fungsi dari evaporator AC mobil di antaranya untuk memberikan sirkulasi dingin di seluruh kabin mobil, dan merubah freon berbentuk cair menjadi bentuk gas yang dingin sehingga sirkulasi kabin mobil menjadi dingin.

Begitu pentingnya fungsi evaporator sehingga kamu harus merawat dan membersihkannya secara rutin. Hal ini dilakukan agar evaporator menjadi lebih awet dan tahan lama begitupun dengan komponen-komponen AC lainnya.

Lantas, bagaimana cara membersihkan evaporator AC mobil? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang cara membersihkan evaporator atau saringan AC mobil sebagai berikut :

cara membersihkan evaporator AC mobil

1. Matikan Mesin Mobil dan Siapkan Pembersih

Sebelum kamu hendak membersihkan evaporator AC mobil, pastikan bahwa mesin mobil dalam kondisi mati. Pasalnya, untuk membersihkan evaporator AC mobil, anda beberapa bagian mesin yang harus dibongkar. Tentunya hal ini harus dilakukan dalam kondisi mesin mobil mati.

2. Pelajari Letak Evaporator

Untuk membersihkan evaporator AC, tentunya kamu harus mengetahui letaknya terlebih dahulu. Letak evaporatir AC mobil biasanya berada di bawah dashboard mobil, namun semuanya tergantung dari jenis dan merek mobil yang kamu miliki.

Ada beberapa merak mobil yang menyimpan evaporatornya di bagian lain. Jika kamu merasa kesulitan mencari letak evaporator, maka kamu bisa mencari informasinya di buku panduan, karena di dalam buku tersebut ada petunjuk penting mengenai beberapa komponen mobil kamu, salah satunya adalah evaporator AC mobil.

3. Buka Evaporator (Saringan AC)

Setelah mengetahui letak evaporator, kamu buka saringan AC dengan membaca petunjuk di buku manual. Apabila kamu melihat evaporator kotor, maka anda bisa membersihkannya menggunakan brush atau sikat gigi. Lakukan pembersihan ini secara perlahan dan hati-hati, supaya tidak merusak komponen AC yang lainnya.

Namun, jika kotoran tersebut sulit dibersihkan, maka sebaiknya kamu menggantinya dengan saringan AC yang baru. Hal ini dilakukan agar kinerja saringan AC lebih maksimal, dan hasilnya pun menjadi lebih baik, AC mobil menjadi dingin seperti baru.

4. Hidupan Mesin Mobil

Langkah selanjutnya, kamu bisa menghidupkan mesin mobil. Pada saat mesin mobil sudah menyala, kamu nyalakan juga AC dengan tingkat suhu paling tinggi dan putaran blower yang paling tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah blower sudah bekerja secara maksimal atau tidak.

5. Semprotkan Cairan Pembersih

Lalu semprotkan cairan pembersih yang sudah kamu persiapkan sebelumnya ke bagian blower. Cairan yang disemprotkan ini kemudian akan membuat foam atau busa. Biarkan foam tersebut hingga mengeluarkan air dari lubang ventilator AC. Diamkan mobil selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan air yang berada di lubang ventilator.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara membersihkan evaporator AC mobil. Semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *