Cara Merawat Luka Agar Cepat Sembuh

by:

HealtyKesehatanTips dan Trik

Nawarna – Luka adalah hal yang pasti dialami oleh setiap orang, luka bisa terjadi karena jatuh dari sepeda, terkena benda tajam dan lainnya. Baik luka yang lebar maupun luka kecil harus mendapatkan perawatan yang baik. Karena luka yang tidak dirawat dengan baik juga tidak akan segera sembuh dan menyebabkan infeksi. Jadi jangan pernah meremehkan luka sekecil apapun itu.

Jika luka Anda termasuk luka kecil maka perawatannya bisa dilakukan di rumah dan juga bisa Anda lakukan sendiri. Namun jika luka Anda cukup lebar dan dalam maka Anda harus mengobatinya di rumah sakit agar mendapatkan penanganan yang tepat. Nah, di artikel ini penulis akan memberikan tips mudah untuk melakukan perawatan pada luka kecil agar segera sembuh. Tapi, jika Anda ingin mendapatkan info lain mengenai persalinan atau yang lainnya, langsung kunjungi https://www.guesehat.com/manakah-yang-lebih-baik-persalinan-normal-atau-caesar.

Cara Merawat Luka Agar Cepat Sembuh

Tips Perawatan Luka Agar Cepat Sembuh

  1. Untuk pendarahan luka ringan kebanyakan akan berhenti sendiri. Namun jika tidak berhenti, tekan dengan lembut pada bagian luka menggunakan kain yang bersih, jangan lupa hadapkan luka ke atas.
  2. Bersihkan luka dengan air bersih. Anda bisa membersihkan sekitar luka menggunakan sabun, namun jangan sampai terkena lukanya karena akan menyebabkan iritasi.
  3. Jika masih ada sisa kotoran atau benda yang tertancap pada luka setelah dibersihkan, keluarkan menggunakan pinset yang sudah dibersihkan dengan alkohol. Jika setelah dibersihkan tetap masih ada sisa kotoran pada luka, segera pergi ke dokter agar bisa ditangani dengan segera untuk menghindari infeksi maupun iritasi.
  4. Jangan menggunakan cairan iodin, obat merah, hidrogen peroksida atapun cairan lainnya karena bisa menyebabkan iritasi.
  5. Gunakan salep antibiotik untuk menjaga kelembapan kulit. Walaupun salep ini tidak bisa mempercepat penyembuhan luka, namun setidaknya bisa mencegah tumbuhnya bakteri.
  6. Perban lukanya agar terhindar dari infeksi, namun jika lukanya kecil tidak perlu diperban.

Tips di atas memang sangat mudah dilakukan, jadi tidak ada alasan apapun untuk tidak merawat luka yang Anda alami sehingga membuat luka lama sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *