Cara Mudah Melakukan Perawatan Gigi dan Mulut

by:

InformasiKesehatanTips dan Trik

Nawarna – Gusi bengkak, sariawan, bau mulut atau gigi berlubang merupakan beberapa contoh akibat dari kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Padahal permasalahan mulut sangat mengganggu kita, mulai dari tidak nafsu makan hingga kompilasi penyakit membahayakan, Oleh karena itu, kami akan menyajikan beberapa cara melakukan perawatan gigi dan mulut sendiri di rumah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan harga terjangkau.

perawatan gigi

1. Jangan sikat gigi terlalu keras

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi. Selain menghilangkan plak dan sisa makanan di gigi, sikat gigi juga dapat membuat bau mulut menjadi segar. Namun, jika Anda terlalu keras menyikat gigi, gesekan yang timbul dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis sehingga membuat gigi menjadi lebih sensitif. Selain itu, menyikat gigi dengan tidak benar dapat membuat penumpukan dan pengerasan plak gigi yang berakibat pada gingivitis (peradangan gusi). Sikatlah gigi Anda dengan gerakan memutar dan memijat gigi secara perlahan selama 2 menit.

2. Gunakan pasta gigi mengandung flourida

Flourida merupakan unsur alami yang dapat ditemukan pada banyak hal, seperti air minum dan makanan yang biasa dikonsumsi. Flourida diserap tubuh untuk digunakan oleh sel-sel yang membangun dan menguatkan enamel gigi. Flourida juga berfungsi untuk pertahanan utama terhadap kerusakan gigi dengan memerangi kuman yang dapat menimbulkan kerusakan gigi. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung flourida agar gigi Anda tetap sehat dari kuman.

3. Sikat gigi sebelum tidur

Sikat gigi sebelum tidur ternyata dapat menghilangkan kuman dan plak gigi yang menumpuk. Selain menyikat gigi, dokter juga dianjurkan untuk menyikat lidah demi menghilangkan kuman dan plak yang menempel pada lidah.

4. Minum air putih dan tidak merokok

Air putih merupakan minuman terbaik untuk menjaga kesehatan dan dapat membersihkan efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi. Merokok juga dapat menyebabkan kesehatan gigi dan mulut terganggu. Kandungan tembakau dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam serta dapat melipatgandakan risiko terhadap penyakit gusi dan kanker mulut.

5. Makan makanan bergizi dan batasi konsumsi makanan manis dan asam

Sama halnya dengan air, makan makanan bergizi sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda, Makanan tersebut diantaranya kacang-kacangan, biji-bijian, buah, sayur, dan produk susu. Selain itu, batasi konsumsi makanan manis dan asam karena dapat membuat gigi cepat berlubang.

6. Perawatan ke dokter gigi

Semua rangkaian di atas akan lengkap jika Anda juga melakukan perawatan gigi dan mulut dengan dokter gigi. Perawatan ini dapat dilakukan 6 bulan sekali untuk gigi normal. Namun, jika Anda mengalami keluhan, segeralah kunjungi dokter gigi Anda. Pilihlah dokter gigi yang terstandarisasi dan harga perawatan yang sesuai kantong. Jika Anda masih belum tahu klinik gigi mana yang bagus, kunjungi HonestDocs untuk melihat review harga dan diskon perawatan serta kualitas dokter dan kliniknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *