Efek Samping Cetirizine dan Bagaimana Cara Mengatasinya

by:

HealtyInformasiKesehatan

Nawarna – Cetirizine adalah obat antihistamin yang meredakan gejala-gejala alergi. Biasanya obat ini digunakan untuk gejala alergi seperti demam, konjungtivitis (mata merah dan gatal), eksim kulit, reaksi dari gigitan nyamuk dan serangga, dan beberapa alergi pada makanan. Cetirizine juga diketahui sebagai antihistamin yang kemungkinannya sangat kecil untuk membuat Anda mengantuk dibandingkan dengan antihistamin yang lain. Cetirizine tersedia dengan resep dokter, tetapi Anda juga bisa membelinya dari apotek dan supermarket.

Seperti semua obat-obatan, cetirizine juga dapat menyebabkan efek samping, meskipun tidak semua orang mengalaminya. Efek samping cetirizine yang umum terjadi pada lebih dari 1 dari 100 orang. Bicaralah dengan dokter atau apoteker Anda jika efek samping ini mengganggu Anda atau tidak kunjung hilang:

  • Merasa mengantuk dan lelah
  • Sakit kepala
  • Mulut kering
  • Merasa mual
  • Pusing
  • Sakit perut
  • Diare
  • Sakit tenggorokan
  • Gejala hidung seperti pilek
  • Gatal atau ruam
  • Kesemutan di tangan dan kaki Anda
  • Merasa gelisah

Anak-anak lebih cenderung mengalami diare atau gejala pilek seperti pada orang dewasa.

Cetirizine jarang memiliki efek samping yang serius, tetapi jika Anda merasakan efek samping seperti memar, atau pendarahan yang tidak normal, segeralah hubungi dokter Anda. Lalu apa saja efek samping cetirizine yang terbilang serius?

Efek samping cetirizine

Reaksi Alergi yang Serius

Dalam kasus yang jarang terjadi, ada kemungkinan untuk memiliki reaksi alergi yang serius (anafilaksis) terhadap cetirizine. Segera hubungi dokter Anda jika terjadi:

  1. Mengalami ruam kulit yang mungkin termasuk kulit gatal, merah, bengkak, melepuh atau mengelupas
  2. Suara menjadi meninggi (Wheezing)
  3. Sesak di dada atau tenggorokan
  4. Kesulitan bernapas atau berbicara
  5. Mulut, wajah, bibir, lidah atau tenggorokan Anda mulai membengkak

Bagaimana cara mengatasinya

1. Merasa mengantuk dan lelah

Cobalah antihistamin yang tidak mengantuk. Jika ini tidak membantu, bicarakan dengan dokter Anda.

2. Sakit kepala

Pastikan Anda beristirahat dan banyak minum air putih. Jangan minum terlalu banyak alkohol. Minta apoteker Anda untuk merekomendasikan obat penghilang rasa sakit. Sakit kepala biasanya hilang setelah minggu pertama minum cetirizine. Bicaralah dengan dokter Anda jika mereka bertahan lebih dari satu minggu atau parah.

3. Mulut kering

Mengunyah permen karet bebas gula atau menghisap permen bebas gula

4. Mual

Coba minum tablet Anda dengan makanan. Ini juga dapat membantu jika Anda tetap pada makanan sederhana dengan menghindari makanan pedas.

5. diare

Minum banyak air putih

6. Sakit tenggorokan

Jika Anda berusia 16 tahun ke atas, Anda dapat mencoba berkumur dengan larutan aspirin (1 tablet aspirin yang dilarutkan dalam setengah gelas air).

7. Merasa gelisah

Cobalah meminum cetirizine Anda tepat sebelum Anda pergi tidur.

Jika gejala-gejala tersebut tidak hilang, segeralah bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda. Anda mungkin memerlukan jenis antihistamin yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *