Ini  Dia Daftar Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

by:

FamilyKesehatanKuliner

Nawarna – Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kehamilan adalah salah satu momen paling membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini merupakan pertanda bahwa sebentar lagi mereka akan segera dikaruniai sesosok makhluk imut nan lucu yang bernama bayi. Berbicara soal kehamilan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa jenis makanan yang bagus untuk ibu hamil tua. Nah, biar mempersingkat waktu, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasan di bawah ini :

hamil tua

Gandum

Daftar makanan pertama yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, yakni yang bernama gandum. Mengapa harus gandum? Pasalnya, gandum ini merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, vitamin E, dan selenium yang sangat bagus dalam membantu perkembangan janin selama kehamilan. Jika gandum cukup sulit dijumpai dipasaran, bunda bisa menggantinya dengan mengonsumsi nasi merah. Sebab, kandungan nutrisi pada beras merah juga tidak kalah bagusnya dengan gandum lho.

Ubi

Selain gandum, ubi juga merupakan salah satu jenis makanan yang bagus untuk ibu hamil. Berdasarkan dari hasil penelitian, ubi kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin B6, potassium, vitamin C, zat besi, dan beta karoten. Nah, semua kandungan pada ubi tersebut bermanfaat untuk membantu perkembangan mata, tulang, dan kulit bayi. Terlebih untuk kandungan zat besinya, yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Oatmeal

Mungkin makanan yang satu ini belum terlalu familiar, terlebih untuk ibu-ibu yang tinggal di pedesaan. Meskipun tidak terlalu familiar, namun oatmeal ini wajib dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil lho. Adapun mengenai beragam kandungan nutrisi yang dimiliki oleh oatmeal seperti serat, protein, dan vitamin B6. Menurut informasi yang didapat, kebiasaan mengonsumsi semangkuk oatmeal dipagi hari itu bisa memberikan energy tambahan, terlebih ketika bunda sedang merasa lelah maupun mual-mual. Tak hanya bagus untuk ibu hamil, tentu saja oatmeal ini juga sangat bagus untuk membantu pertumbuhan janin selama kehamilan.

Kacang-kacangan

Pada umumnya, sebagian ibu hamil itu kerap dihadapkan pada permasalahan pencernaan seperti wasir dan konstipasi (susah buang air besar). Ya, hal itu dikarenakan bunda memerlukan asupan serat yang mencukupi. Maka dari itu, ibu hamil diharuskan untuk mengonsumsi kacang-kacangan karena kaya akan kandungan serat. Tapi, cara memasak kacang-kacangan tersebut harus direbus dan bukan digoreng lho! Selain kaya akan kandungan serat, jenis kacang-kacangan juga kaya akan kandungan kalsium, fosfor, asam folat, zat besi, dan seng yang bagus untuk pertumbuhan janin.

Daging Tanpa Lemak

Daftar makanan berikutnya yang bagus untuk ibu hamil, yakni berupa daging tanpa lemak. Ya, ibu hamil sangat membutuhkan asupan protein yang cukup, guna mendukung pertumbuhan janin dan memastikan otot-ototnya berkembang dengan sempurna. Daging tanpa lemak ini adalah sumber protein yang sangat bagus, karena manfaatnya yang dapat membantu menyuplai dosis vitamin B6 yang baik untuk pertumbuhan jaringan serta otak bayi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, daging tanpa lemak ini memiliki kandungan vitamin B12 yang berfungsi untuk memelihara kesehatan syaraf serta sel darah merah.

Demikianlah ulasan singkat seputar daftar jenis makanan yang bagus untuk ibu hamil, sehingga bisa bunda jadikan sebagai bahan referensi. Nah, dari beberapa jenis makanan diatas tadi, makanan manakah yang menjadi favorit bunda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *