Lakukan 7 Hal ini Agar Perkembangan Anak Berjalan Optimal

by:

FamilyInformasiParenting

Nawarna – Perkembangan anak sangat menarik untuk terus diikuti. Bahkan bisa mendampingi setiap tahapan perkembangan si kecil ini menjadi dambaan setiap orangtua.  Kehadiran buah hati yang sangat ditunggu-tunggu akan terbayarkan saat ibu dinyatakan positif hamil. Higga akhirnya ibu melahirkan seorang malaikat kecil yang lucu dengan penuh suka cita. Kegembiraan itu harus terus dibayar dengan merawat dan membesarkan anak agar tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Untuk merangsang perkembangan pada anak, ibu sudah bisa melakukan sejak hamil. Mengajak berbicara sambil mengelus perut, memperdengarkan musik, serta merangsang dengan cara lainnya pun bisa dilakukan. Saat sudah dilahirkan, ibu pun akan semakin intens dalam melakukan komunikasi dengan anak.

Walaupun saat masih bayi anak belum bisa berbicara, tetapi anak sudah paham apa yang diinginkan ibu saat diajak komunikasi. Seperti untuk merangsangnya berbicara, ibu harus lebih rajin mengajak bicara. Setiap saat, ibu harus mengajak anak berbicara.

Selain dengan komunikasi, berikut adalah beberapa cara untuk  mengoptimalkan perkembangan anak:

perkembangan anak

1. Memberikan asupan makanan yang bergizi

Makanan Empat Sehat Lima Sempurna adalah andalan makanan yang harus diperhatikan oleh ibu. Isinya adalah berupa nasi, lauk pauk seperti ikan laut, sayur mayur hijau segar, buah-buahan segar (yang bukan dipaksakan matang), serta susu.

Cara menyediakan menu untuk anak pun sebisa mungkin tidak menggunakan MSG atau bumbu masak dan bahan pengawet. Sebisa mungkin upayakan untuk mengggunakan bahan yang alami. Kalaupun menggunakan bumbu, manfaatkan yang alami, seperti bawang, garam, dan lainnya.

2. Menciptakan lingkungan yang menyenangkan

Walaupun di rumah, pastikan anak merasa bahagia. Orangtua bisa menyediakan berbagai macam mainan yang disukai anak. Bahkan kalau bisa ada ruang khusus untuk bermain anak. Selain itu, dengan bermain anak juga akan belajar.

3. Mengenalkan hal baru kepada anak

Ajak anak untuk beradaptasi dengan lingkungan secara langsung. Caranya mudah, ajak jalan-jalan anak di lingkungan sekitar rumah. Beritahu hal yang baru, kemudian beritahu asal usulnya, serta pemahaman tentang hal tersebut. Meski anak belum bisa merespon atau memahami apa yang Anda bicarakan, namun si kecil dapat menyerap info yang Anda sampaikan.

4. Memberikan ASI sampai 2 tahun

Jangan menyepelekan ASI walaupun sudah ada susu formula. ASI sangatlah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak serta mendukung setiap tahapan perkembangan anak.

5. Tidak membentak anak

Walaupun anak belum bisa memahami perasaan senang atau sedih, tetapi saat anak dibentak, ada salah satu kemampuan otak yang mengendur karena sebuah tekanan suara yang keras.

Telinga menyampaikan ke otak bahwa suara orangtua terlalu keras dan bernada tinggi. Anak akan takut sehingga tidak mau aktif dalam bergerak. Anak akan selalu takut salah. Takut dimarahi orangtua dan sudah pasti akan terbawa sampai dewasa nanti.

6. Memberikan vitamin khusus perkembangan anak

Kita bisa membelinya dari apotek atau tempat obat terdekat. Dosisnya harus tepat dan tidak harus setiap saat minum. Hanya pada saat-saat tertentu saja. Habis satu botol atau tablet tidak harus membeli lagi. Salah satu jenis vitamin adalah vitamin penambah nafsu makan anak.

7. Merangsang perkembangan anak dengan menyediakan mainan edukatif

Walaupun anak suka bermain, tetapi pastikan jenis mainan anak tersebut adalah mainan yang mendidik. Ini adalah hal yang sangat perlu untuk diperhatikan agar anak bisa benar-benar belajar dari permainan yang dimainkan.

Demikianlah 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan anak. Namun perlu diketahui bahwa tahapan tumbuh kembang anak ini berbeda-beda. Untuk itu Anda tidak perlu membandingkan si kecil dengan anak orang lain. Fokuslah mendampingi si kecil untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang sehat dan cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *