Langkah Penting Membasmi Kutu Busuk di Rumah

by:

InformasiKesehatanLifestyle

Nawarna – Menjaga kebersihan rumah menjadi hal penting yang harus dilakukan semua orang. sehingga semua anggota keluarga tetap sehat. Salah satu masalah yang sering muncul adalah kutu di rumah. Hewan yang berukuran kecil ini sering hidup di kasur, karpet, boneka, sofa, gorden dan kain lainnya. jika salah satu perabot rumah terkena kutu, akan membuat kita kurang nyaman. saat duduk bisa terasa gatal-gatal dan perabot terlihat tidak bersih. Berikut ini cara membasmi kutu busuk di rumah dengan mudah dan tuntas.

kutu busuk

Periksa Semua Sudut Rumah

Kutu merupakan hewan yang mampu berkembangbiak dengan cepat. Selain itu mereka bisa bertahan hidup hingga bertahun-tahun. Karena proses penyebarannya yang cepat, anda juga harus membasminya dengan cepat dan tuntas. Jika anda merasa ada kutu di rumah, langsung periksa semua sudut di rumah. Kutu bisa hidup di permukaan atau pinggiran kasur, celah lantai atau dinding, pinggiran furniture, bawah hiasan dinding dan lainnya.

Gunakan kaca pembesar atau senter untuk memeriksa semua area dirumah. Ciri perabot yang terkena kutu biasanya terdapat bintik hitam kecil yang banyak. ini menandakan ada kotoran dari kutu. Jika dilihat dengan teliti, anda juga bisa melihat kutu dewasa atau kutu mudanya. Dengan melakukan pengecekan, anda tahu bagian apa saja yang harus dibersihkan.

Musnahkan Semua Kutu Busuk

Selanjutnya memusnahkan semua kutu yang ada di rumah anda. Jika memungkinkan, ambil kutu yang terlihat dan matikan. Gunakan penyedot debu untuk memusnahkan kutu dengan maksimal. Sedot semua bagian perabot rumah yang terkena kutu. Pastikan dibersihkan dengan seksama dan menyeluruh. Jangan sampai ada bagian yang tertinggal. Dicelah-celah perabot pun harus dibersihkan. Buang debu yang terkumpul dikantong, tuangkan alkohol atau bakar habis. Ganti kantong debunya dengan yang baru, supaya telur atau kutu yang menempel tidak datang lagi.

Cuci Bersih Semua Barang

Semua barang yang terkena kutu harus dicuci bersih. Untuk sprei, sarung bantal, gorden, taplak meja, boneka, pakaian dan lainnya bisa dicuci dengan mesin cuci. Saat mencuci pisahkan dengan benda lain yang tidak terkena kutu. Untuk hasil maksimal bersihkan dengan menggunakan air panas, keringkan dengan suhu tinggi dan jemur dibawah sinar matahari. Kutu tidak suka dengan suhu panas, sehingga lebih cepat mati.

Untuk peraboit lainnya, seperti kasur, sofa, bantal dan lainnya. bisa dibersihkan dengan penyedot debu kemudian dijemur dibawah sinar matahari langsung. Untuk barang yang tidak bisa dicuci bisa ditutup rapat dengan plastik, supaya kehabisan nafas dan mati. Jika barang bisa dibuang, lebih baik buang barang tersebut. Misalnya untuk boneka atau bantal yang usang. Tutupi bagian dinding atau lantai yang retak, karena bisa dijadikan sarang kutu

Semprot Insektisida

Tahap terakhir semprot semua perabot dengan insektisida. Sehingga proses pembersihan kutu lebih maksimal dan tidak tersisa sama sekali. Pastikan memilih jenis insektisida yang bagus dan efektif membunuh kutu. Untuk hasil yang maksimal gunakan tenaga profesional untuk membunuh semua kutu tersebut. Saat proses penyemprotan insektisida, harus dijauhkan dari anak-anak, makanan dan air bersih. Karena bisa membahayakan.

Proses pengerjaanya memang cukup lama dan harus rutin. Anda harus membersihkannya secara menyeluruh, sehingga semua kutu busuk hilang dan tidak kembali lagi. Jika kutu tetap kembali, lebih baik gunakan jasa pembasmi kutu profesional. Karena mereka menggunakan alat yang lebih lengkap dan canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *