Manfaatkan Kalkulator Kehamilan Agar Lebih Mudah Mengetahui Jendela Subur

by:

FamilyInformasiKesehatan

Nawarna – Ada banyak sekali diantara pasangan suami istri yang baru saja menikah tidak mau lagi menunda untuk memiliki buah hati. Apalagi bagi yang usianya memang sudah tidak muda lagi, karena semakin ditunda nantinya tentu akan sulit untuk segera memiliki momongan atau buah hati karena masalah kesuburan. Hanya saja untuk bisa segera hamil dan memiliki buah hati juga tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak hal yang harus dijadikan sebagai pertimbangan. Anda bisa segera hamil jika seandainya rutin melakukan hubungan suami istri pada masa yang tepat atau saat subur. Hal ini bisa dihitung dengan menggunakan kalkulator kehamilan.

Namun juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya ada sebagian diantara pasangan suami istri yang terkadang sudah menunggu lama untuk segera diberikan buah hati, namun tidak kunjung mendapatkannya. Jika kondisinya seperti ini tentunya harus melakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Karena mungkin saja terjadi masalah kesehatan yang menyebabkan kesulitan untuk pembuahan di dalam tubuh, sehingga nantinya dokter akan memberikan solusi terbaik bagi Anda.

kalkulator kehamilan

Berikut ini diantaranya juga ada beberapa persiapan yang wajib untuk dilakukan jika tengah merencanakan program kehamilan, yaitu:

  1. Mempersiapkan mental dan juga finansial, bagaimanapun persiapan finansial ini adalah bagian yang paling penting, karena setelah kehadiran buah hati maka jumlah kebutuhan Anda akan semakin meningkat. Bahkan seiring berjalannya usia ada semakin banyak kebutuhan-kebutuhan yang harus terpenuhi dan terkadang membutuhkan banyak uang, seperti misalnya adalah biaya pendidikan. Untuk itu harus dilakukan persiapan secara matang, jika perlu buka tabungan untuk anak.
  2. Konsultasikan ke dokter kandungan, konsultasi ke ahlinya adalah bagian terpenting jika seandainya ingin program kehamilan yang sehat dan cepat. Termasuk jika seandainya memiliki riwayat kesehatan tertentu yang mungkin akan menjadi masalah kesuburan Anda dan juga pasangan. Biasanya dokter kandungan juga akan merekomendasikan untuk mendapatkan vaksinasi atau imunisasi layaknya TORCH untuk mencegah kehamilan dengan bayi cacat karena penyakit-penyakit berbahaya tertentu.
  3. Hindari depresi, kelolalah stres dengan baik, karena secara tidak disadari hal sepele semacam inilah yang sering kali menganggu kesuburan. Umumnya Anda yang memang mengalami depresi akan merasakan gejala-gejala layaknya nafsu makan menurun, insomnia dan sejenisnya. Hal ini akan mempengaruhi sistem hormonal pada tubuh, termasuk diantaranya adalah hormon reproduksi, sehingga membuat Anda juga sulit untuk hamil.
  4. Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung asam folat, asam folat ini adalah senyawa yang dapat mengurangi resiko mengandung bayi cacat. Paling tidak jumlah yang harus Anda konsumsi adalah sebanyak 400 mikrogram perhari, setidaknya beberapa bulan sebelum hamil dan juga selama hamil tetap harus dicukupi asupannya.
  5. Hindari rokok dan juga alkohol, termasuk diantaranya adalah makanan dan juga minuman yang bersifat racun bagi tubuh, karena bagaimanapun bahan-bahan semacam ini nantinya akan sangat menganggu kesuburan, selain itu juga ada potensi menyebabkan keguguran jika seandainya wanita yang sedang hamil masih merokok atau mengonsumsi alkohol.
  6. Mencatat jadwal ovulasi, Anda bisa mengetahuinya dariĀ kalkulator kehamilan atau mencatatnya secara manual, bagaimanapun dengan mengetahui kapan masa subur ini maka membuka peluang yang sangat besar untuk segera hamil, karena hubungan seksual dilakukan pada waktu yang tepat.

Coba terapkan sendiri program kehamilan di atas, sehingga tidak perlu menunggu lama lagi bagi Anda untuk bisa segera memiliki momongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *