Mengenal Polis Asuransi Kendaraan dan Fungsi Pentingnya

by:

AsuransiOtomotif

Nawarna – Saat Anda beli asuransi mobil atau kendaraan bermotor lainnya, baiknya Anda mencoba mengumpulkan sebanyak mungkin informasi terkait dunia asuransi. Salah satu informasi yang paling penting untuk Anda ketahui adalah terkait polis asuransi. Polis ini sifatnya sangat vital dalam perjanjian asuransi. Berikut penjelasan tentang polis, beserta fungsinya dalam asuransi.

asuransi kendaraan

Apa Itu Polis Asuransi?

Polis asuransi merupakan bentuk perjanjian tertulis antara pihak penyedia asuransi, dengan Anda sebagai pihak penerima asuransi. Jadi, bisa dibilang sifatnya sama seperti kontrak. Perjanjian ini berisikan segala ketentuan terkait dengan asuransi yang dibeli. Dalam polis ini, Anda sebagai penerima asuransi disebut ‘tertanggung’ dan pihak penyedia asuransi disebut ‘penanggung’.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Polis Asuransi

Biasanya saat orang membeli asuransi, mereka cenderung tak begitu mendalami isi dari polis asuransi. Padahal, kebiasaan ini bisa saja memicu terjadinya kesalahpahaman antara pihak tertanggung dan pihak penanggung. Oleh karena itu, saat Anda membeli asuransi untuk kendaraan Anda, baca dan pahami betul isi yang termuat dalam polis asuransi tersebut.

Hal pertama yang harus Anda cermati betul adalah bagian hak dan kewajiban Anda dan juga pihak asuransi. Jangan sampai hak dan kewajiban dalam polis, berbeda dengan apa yang sebelumnya telah dijelaskan oleh pihak asuransi. Anda pun bisa meminta pihak asuransi mengubah aturan terkait hak dan kewajiban tersebut, jika sekiranya memuat aturan yang berbeda.

Selanjutnya, cek premi asuransi dan cara pembayarannya untuk asuransi kendaraan Anda. Premi merupakan dana yang harus Anda bayar ke pihak asuransi. Saat beli asuransi mobil, biasanya pembayaran premi dilakukan 1 kali setahun. Pastikan bahwa besaran premi sesuai dengan ketentuan asuransi untuk kendaraan yang berlaku dan juga cara pembayarannya ke pihak asuransi.

Hal selanjutnya yang perlu Anda cermati dengan baik adalah bagian pengecualian dalam polis asuransi. Bagian ini memuat penjelasan mengenai penyebab Anda tak bisa mendapatkan manfaat atau jaminan kerugian dari asuransi yang telah Anda beli. Jadi, Anda pun nantinya tak langsung keburu emosi, saat pihak asuransi menolak klaim Anda karena tidak memenuhi persyaratannya.

Fungsi Polis Asuransi untuk Kendaraan Bagi Pihak Tertanggung

Polis asuransi bagi Anda yang merupakan nasabah atau pihak tertanggung, memiliki beberapa fungsi utama. Pertama, polis berfungsi sebagai kontrak tertulis atas jaminan kerugian yang akan diberikan oleh pihak penanggung. Dalam hal asuransi untuk kendaraan Anda, maka polis akan menginformasikan tanggungan dari pihak asuransi jika kendaraan Anda rusak atau hilang.

Kedua, polis asuransi menjadi bukti bahwa Anda telah membayar premi secara rutin pada pihak penanggung asuransi. Ketiga, polis asuransi merupakan bukti untuk melakukan penuntutan pada pihak asuransi. Jika pihak asuransi gagal memenuhi kewajibannya dalam menjamin kerugian atas kerusakan kendaraan, Anda bisa menuntutnya langsung dengan menjadikan polis sebagai bukti.

Fungsi Polis Asuransi untuk Kendaraan Bagi Pihak Penanggung

Untuk pihak penanggung, fungsi polis asuransi pun tak kalah pentingnya. Pertama, polis asuransi memuat tanda terima dari premi yang telah dibayarkan oleh pihak tertanggung. Kedua, polis menjadi bukti bahwa pihak penanggung telah memberikan jaminan kerugian yang sesuai, atas terjadinya kerusakan pada kendaraan pihak tertanggung.

Fungsinya yang ketiga, polis asuransi bisa dijadikan sebagai alasan untuk menolak klaim. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat bagian pengecualian pada polis yang membuat klaim tak bisa diproses. Jadi, jika tertanggung menuntut ganti rugi di luar tanggungan asuransi, maka penanggung bisa menolaknya dengan merujuk pada ketentuan polis.

Polis asuransi merupakan bagian penting dalam pembelian asuransi kendaraan. Jadi, jika Anda memutuskan membeli asuransi, cermati dulu isi polis dengan seksama sebelum Anda menandatanganinya. Jangan sampai nanti Anda merugi, karena isi polis tidak sesuai dengan penjabaran yang telah diberikan sales asuransi pada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *