Resep MPASI 8 Bulan untuk Bayi yang Kaya Protein

Nawarna – Pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat penting menjadi perhatian dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dengan memberikan MPASI. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah protein. Ini resep MPASI 8 bulan untuk bayi yang kaya kandungan protein.

resep mpasi 8 bulan

1. Pisang Susu

Anda bisa membuat MPASI untuk bayi dari pisang dan susu. Caranya sangatlah mudah, tinggal mencari jenis pisang yang memiliki nutrisi terbaik. Pilihlah pisang yang sudah masak agar mudah dihancurkan. Campurkan susu ke dalam pisang yang dihancurkan akan membuat MPASI bayi menjadi semakin lezat.

Kandungan protein pada pisang yang dicampur dengan susu akan semakin tinggi. Anda bisa memilih jenis susu formula yang akan digunakan sesuai dengan usia bayi. Berikan MPASI ini sebagai makanan tambahan bayi di sore hari.

2. Bubur Beras Merah

Bubur beras merah yang dikombinasi dengan sayur dan daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi. Cara membuatnya dengan menghaluskan beras merah yang sudah dimasak. Anda bisa menggunakan blender untuk hasil yang lebih cepat dan sangat halus.

Sayuran yang digunakan bisa bayam atau brokoli. Pastikan Anda telah mencucinya sampai bersih. Lalu untuk daging ayam rebuslah terpisah dari sayur karena membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama agar dagingnya lebih lembut. Anda bisa memberikan MPASI ini saat masih hangat agar lebih lezat.

3. Bubur Jagung

Jagung merupakan buah yang mengandung banyak protein untuk dijadikan resep MPASI 8 bulan pada bayi. Anda bisa membuat bubur jagung dengan memilih jagung yang segar. rebus jagung hingga matang dan terasa lunak. Setelah itu serut jagung ke dalam mangkuk. Sesuaikan dengan porsi makan bayi, lalu blender hingga menjadi halus.

Campurkan sedikit air agar dapat menjadi bubur. Anda bisa juga memberikan jagung kepada bayi dalam bentuk jus yang bisa dimasukkan ke dalam botol susu. Ini akan lebih memudahkan bayi saat memakannya dan Anda tidak perlu repot menyuapkan bayi.

4. Kacang Hijau

Anda dapat menggunakan kacang hijau sebagai resep MPASI untuk bayi yang kaya dengan kandungan protein. Kandungan protein pada kacang hijau juga dilengkapi dengan asam amino yang mampu diserap dengan cepat oleh tubuh bayi.

Cara membuatnya dengan merendam kacang hijau dengan air atau merebusnya hingga matang. Setelah itu angkat kacang hijau dan saring agar tidak ada air rebusannya yang ikut tercampur. Setelah itu haluskanlah kacang hijau menggunakan blender. Anda bisa menambahkan susu formula atau pun wartel untuk membuat bubur semakin lezat.

5. Ikan Salmon dan Tempe

Ikan merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi untuk diberikan kepada bayi sebagai resep MPASI. Salah satu jenis ikan yang dapat menjadi pilihan adalah ikan Salmon. Selain memiliki kandungan protein ikan ini juga memiliki kandungan omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.

Anda bisa mengombinasikan ikan Salmon dengan tempe yang juga kaya akan protein. Harganya yang murah tentu tidak akan membuat Anda keberatan untuk menggunakan tempe sebagai tambahan MPASI. Rebuslah kedua bahan ini secara terpisah. Setelah matang, hancurkan hingga halus menggunakan blender. Pastikan tulang ikan tidak ikut serta saat diblender.

Anda bisa memilih akan membuat resep MPASI 8 bulan untuk bayi sesuai dengan porsi kebutuhannya. Tekstur MPASI yang diberikan tentunya tidak sehalus saat pertama kali memberikan MPASI. Tujuannya untuk menstimulasi pertumbuhan gigi dan membantu belajar mengunyah. Jika membutuhkan info terkait nutrisi bayi bisa dilihat di generasimaju.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *