Suka Ngantuk saat Jam Kerja? Atasi dengan 7 Cara Jitu Ini!

by:

KarirLifestyleTips dan Trik

Sumber: pinterest.com

Nawarna – Bekerja merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan setiap harinya. Apalagi kalau ada kerjaan yang dikejar deadline,  pastinya membuat kita menjadi sibuk bahkan ada sebagian orang yang mengerjakan tugas hingga larut malam. Hal seperti itu tentu bisa membuat kita malah sering mengantuk saat jam kerja. Meskipun tidak tidur larut malam pun masih saja ada orang yang suka ngantuk di jam kerja. Mungkin kamu salah satunya?

Mengantuk ketika bekerja adalah hal yang paling menjengkelkan, bukan? Kantuk bisa menyerang siapa saja tak mengenal tempat dan waktu. Ingin tidur tapi sedang jam kerja, kalau gak tidur malah pusing dan kurang konsentrasi. Alhasil, kita jadi sering menguap dan akhirnya pekerjaan jadi tidak beres malah semakin menumpuk. Kini kamu tak perlu khawatir lagi jika mengantuk di jam kerja, karena disini kita punya cara jitu untuk mengatasi masalah yang suka mengganggu kamu ketika bekerja. Yuk, simak artikel dibawah ini!

1. Tingkatkan Kualitas Tidur yang Cukup

Sumber: pinterest.com

Cara yang satu ini merupakan cara terpenting yang perlu kamu perhatikan. Usahakan untuk membatasi aktivitas di malam hari dan jangan terlalu banyak bergelut dengan ponsel, laptop atau TV. Dengan kamu mengikuti metode ini, maka kamu bisa mencukupi kualitas tidur malam kamu selama 7 jam. Selain itu, kamu juga perlu usahakan untuk selalu tidur dan juga bangun pada waktu yang sama. Hal ini sangat bermanfaat agar jam biologis pada tubuh kamu dapat teratur dengan baik, sehingga tidak akan membuat kamu mudah mengantuk

2. Perhatikan Asupan Sarapan Kamu

Sumber: pinterest.com

Hindari makanan yang berat untuk sarapan, ya! Karena hal ini akan membuat kamu menjadi ngantuk ketika ingin bekerja. Usahakan untuk tidak makan makanan yang terlalu manis atau cepat saji untuk sarapan, bukannya membuat mata melek malah membuat kamu ngantuk berat. Tidak ingin seperti itu, kan? Untuk itu, makanlah buah-buahan atau sayuran yang dapat menambah energi pada tubuh kamu. Yang terpenting asupan pada tubuh kamu tidak akan membuat kamu mengantuk.

3. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Sumber: pinterest.com

Pada dasarnya, rasa ngantuk yang melanda disebabkan oleh kurangnya oksigen yang ada didalam tubuh. Sehingga menjadi dehidrasi. Kalau sudah seperti itu, bukan hanya kantuk saja yang menyerang tetapi juga dapat mengurangi konsentrasi kamu dan menurunkan daya ingat, alhasil kualitas kerja menjadi menurun. Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut tentu saja dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Dianjurkan untuk minum air putih maksimal 8 gelas dalam sehari. Agar lebih praktis lagi, bawalah botol minum minimal 2 liter dari rumah dan taruh di meja kerja kamu.

4. Konsumsi Cemilan yang Sehat

Sumber: pinterest.com

Selain kopi yang menjadi andalan untuk menghilangkan rasa kantuk, ada juga beberapa cemilan yang bisa kamu konsumsi ketika ngantuk sedang melanda. Yaitu, dengan mengkonsumsi cemilan-cemilan yang sehat. Kenapa harus cemilan sehat? Karena tidak semua makanan bisa dikonsumsi untuk mengatasi rasa kantuk. Oleh sebab itu, cemilan yang sehat juga perlu kamu konsumsi saat ngantuk mulai melanda. Contoh cemilan sehat yang disarankan, seperti kacang-kacangan, biskuit gandum, buah kaya vitamin C dan teh hijau.

5. Berjalan-jalan Ke Sekitar Kantor

Sumber: pinterest.com

Cara yang satu ini juga bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk saat jam kerja. Cobalah jalan-jalan di sekitar lingkungan kantor. Tak ada salahnya juga jika kamu mengunjungi teman-teman kantor sejenak. Ataupun mengelilingi taman yang ada di kantor untuk melihat-lihat tanaman yang bisa meningkatkan semangat kamu dalam bekerja. Dengan kamu melakukan metode ini, maka dapat membantu kamu untuk mengembalikan energi yang baru. Dan juga bisa mengistirahatkan tubuh dan mata kamu sejenak dari komputer.

6. Mendengarkan Musik

Sumber: pinterest.com

Cara untuk mengatasi rasa kantuk saat jam kerja selanjutnya adalah menghibur diri dengan mendengarkan musik. Cobalah dengarkan musik dengan tempo cepat agar bisa membangkitkan semangat kamu dalam bekerja. Cara yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh karyawan yang memang suka mengantuk ketika sedang bekerja. Tentunya sudah terbukti efektif! Untuk mendengarkan musik dengan tempo yang cepat ini, ada baiknya kamu menggunakan headset atau airpod agar tidak membuat karyawan yang lain merasa terganggu.

7. Tidur di Jam Istirahat Sejenak

Sumber: pinterest.com

 Agar tidak mengantuk saat jam kerja. Kamu juga bisa tidur di jam istirahat walaupun hanya sejenak. Setiap perusahaan biasanya memberikan waktu istirahat di siang hari selama tiga puluh menit. Nah, di waktu itulah kamu bisa mengistirahatkan tubuh kamu dan mengembalikan energi kamu selama bekerja. Tidur di siang hari memang menjadi obat yang paling manjur ketika ngantuk mulai melanda. Maka dari itu, tidak ada salahnya kan jika kamu tidur sejenak selama jam istirahat.

Nah gimana, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana caranya mengatasi ngantuk yang melanda saat di jam kantor. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *