Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Oli Gardan Untuk Motor

by:

InformasiOtomotif

Nawarna – Oli gardan untuk motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan berguna untuk menjaga dan mencegah gesekan antara komponen mesin agar mesin tidak rusak dan bisa lebih awet dan tahan lama. Apabila terjadi pergesekan secara terus menerus antar mesin maka kerusakan fatal bisa saja terjadi terutama pada gigi matic motor.

Kapan Harus Mengganti Oli Gardan Untuk Motor

Kebanyakan orang tidak terlalu peduli atau bahkan kurang memahami fungsi dari mengganti oli gardan secara rutin sehingga banyak yang mengabaikannya. Padahal mengganti oli gardan secara rutin sangatlah penting untuk menjaga agar kendaraan anda tetap sehat dan dalam keadaan prima meskipun digunakan setiap hari.

Biasanya setiap kendaraan memiliki masa pergantian oli gardan yang berbeda-beda tergantung pada kendaraan yang digunakan serta seberapa sering anda berpergian menggunakan kendaraan beserta jarak tempuhnya. Biasanya oli gardan diganti selama 3 hingga 8 bulan sekali. Jika menyesuaikannya dengan jarak tempuh, oli gardan umumnya diganti setelah menempuh jarak sekitar 8.000 km baik itu pada motor ataupun mobil. Berikut tanda oli gardan harus diganti segera.

Oli gardan untuk motor

1. Suara Mendengung

Biasanya akan terdengar suara mendengung yang cukup keras di bagian bawah mobil. suara ini muncul dikarenakan gear mesin tidak mendapatkan oli yang cukup sehingga mesin tidak dapat dilumasi dengan baik.

Apabila anda mencoba menambahkan kecepatan kendaraan anda maka akan terdengar suara dengung yang semakin keras. Sama seperti mobil, motor matic juga memberikan keadaan yang sama jika mesin kekurangan oli gardan karena pelumas tidak lagi kental yang akhirnya mengeluarkan suara bising.

2. Kendaraan Bergetar

Apabila kendaraan anda terasa bergetar lebih kuat dari biasanya padahal jalanan sedang dalam keadaan rata atau menurun, bisa jadi kendaraan anda sudah harus diganti oli gardannya. Hal ini dikarenakan pelumasan sudah tidak sempurna sehingga beban kendaraan tidak bisa ditopang dengan baik membuat kendaraan terasa bergetar dan kasar.

3. Oli Gardan Terkontaminasi

Semakin sering kendaraan digunakan maka tingkat kekentalan oli gardan akan terus berkurang dan terkontaminasi sehingga harus diganti. Biasanya kekentalan oli gardan berada di antara SAE 90 atau SAE 140.

Tidak sulit untuk mengganti oli gardan untuk motor ataupun mobil, anda hanya perlu segera membawa kendaraan anda ke bengkel terdekat dan meminta teknisi untuk mengganti oli gardan. Anda jika bisa sekaligus meminta saran oli gardan mana yang cocok dan tepat untuk kendaraan anda. Sebaiknya pilih bengkel yang sudah terpercaya agar anda bisa mendapatkan pelayanan yang memuaskan serta teknisi yang ramah.

Memilih bengkel yang terpercaya juga akan menghindarkan anda dari penipuan apalagi jika oli gardan yang dijual ternyata sudah dicampur dengan air yang malah akan merusak kendaraan anda. Sebaiknya untuk mengganti oli gardan tidak melewati batas waktu yang telah ditentukan agar kendaraan anda tidak terlanjur rusak dan tetap dalam keadaan baik.

Apabila telah mengganti oli gardan maka bisa sajamesin kendaraan anda akan mengalami kerusakan bahkan mengalami karat hingga korosi di mana biaya perbaikan kerusakan tersebut tidak bisa dibilang sedikit bahkan bisa berdampak pada komponen kendaraan yang lain.

Untuk mendapatkan oli gardan untuk motor yang berkualitas sesuai dengan tipe kendaraan, anda bisa menggantinya di www.autochem.com. Autochem akan memberikan pelayanan yang memuaskan dengan harga oli gardan yang cukup terjangkau agar motor anda tetap dalam keadaan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *