Yuk Kenali Fungsi Oli Transmisi pada Mobil!

by:

InformasiOtomotif

Nawarna – Bagi Anda yang sering berkecimpung dalam urusan kendaraan baik motor ataupun mobil, tentu sudah sangat paham dengan pentingnya mengganti oli tepat waktu. Nah ini perlu Anda garis bawahi terutama jika sedang dalam kondisi yang tidak dapat mengurus kendaraan. Oli memiliki banyak fungsi tidak terkecuali fungsi oli transmisi pada mobil. Semua jenis oli inilah yang memiliki peran penting dalam performa kendaraan.

Terdapat beberapa tipe oli yang dibutuhkan oleh kendaraan untuk dapat berjalan dan bekerja secara normal yaitu oli sistem, oli transmisi, oli pelumas, dan oli cakram atau rem untuk motor. Namun kali ini kita tidak akan membahasnya secara keseluruhan. Kali ini kita akan membahas mengenai oli transmisi pada mobil. Apa saja sih sebenarnya fungsi dari oli transmisi? Cek list berikut ini ya!

fungsi oli transmisi pada mobil

1. Pelumas Komponen Mesin

Fungsi oli transmisi khususnya pada transmisi manual adalah sebagai pelumas bagi komponen mesin. Oli transmisi ini mencegah pergesekan antar mesin yang mengakibatkan cepatnya kenaikan suhu sehingga mesin menjadi panas. Dengan adanya oli transmisi ini, mesin akan lebih mulus dan tidak terjadi pergesekan yang besar. Suara tarikan mesin juga akan lebih halus.

Sedangkan untuk transmisi matic, oli transmisi bukan hanya untuk pelumas komponen mesin namun juga sebagai penghantar dalam proses perpindahan gigi secara otomatis. Sehingga mesin akan bekerja secara lebih optimal. Rasakan perbedaan sebelum dan sesudah mengganti oli ya.

2. Mencegah Rem cepat aus

Oli yang masih baru tidak akan menyebabkan mesin menjadi panas. Begitu pula dengan oli transmisi. Oli ini mencegah kampas-kampas kopling hidrolik dan kampas rem menjadi panas. Anda bisa saja membayangkan bagaimana jika oli transmisi telat diganti. Bukan tidak mungkin kampasmu akan lebih cepat aus karena suhu pada oli yang meningkat dan menjadi panas.

Bahkan kampas-kampas yang menjadi panas karena pengaruh oli yang telat untuk diganti, bukan tidak mungkin dapat mengalami kebakaran. Jika kampas sampai terbakar, maka mobil akan mogok. Sudah tahu kan sekarang seberap pentingnya fungsi oli transmisi pada mobil?

3. Meningkatkan kinerja mesin

Jika oli terlambat untuk diganti, maka mesin tidak akan bekerja secara maksimal. Ketika oli baru, maka akan membantu kinerja mesin. Tarikannya akan lebih ringan dan halus. Bandingkan dengan kendaraan yang oli transmisinya lama tidak diganti maka suara dan tarikan mesinnya akan lebih kasar.

4. Menghindarkan kendaraan dari Turun Mesin

Ini sangat penting untuk diperhatikan khususnya bagi Anda yang sering bepergian jarak jauh. Sesungguhnya sistem yang terjadi dalam kendaraanmu adalah gesekan antar peralatan logam yang rawan dengan suhu tinggi. Jika kekurangan oli, maka sangat mungkin terjadi turun mesin atau mogok karena gesekan dan overheat.

5. Menghemat Bahan Bakar

Jika kendaraan boros akan bahan bakar, coba Anda mengecek kapan terakhir kalinya mengganti oli. Pasalnya jika oli lama tidak diganti, tarikan dan perputaran mesin juga akan berat. Hal ini kemudian mengakibatkan penyerapan bahan bakar untuk tarikan mesin juga besar. Maka gantilah oli supaya tarikan dan perputaran mesin dapat lancar.

Demikian ulasan singkat mengenai fungsi oli transmisi pada mobil. Mengingat pentingnya oli ini, jangan sampai terlewatkan untuk mengganti olinya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *